Untuk Ibu


Pagi tadi,
adalah momen kesekian kalinya yang teramat emosional bagi saya- saat mengantar Ibu ke bandara dan menyaksikan ketegangan Beliau untuk menjadi tamu Allah.
Saya bersyukur diberi kesempatan untuk mengelap sepatu Ibu yang kotor dan meredam gelisahnya.
Ada sedikit penyesalan karena saya menyadarinya sedikit terlambat. Tiba-tiba Ibu sudah duduk di hadapan saya dengan muka pucat dan tangan yang begiu dingin. Ibu terlihat sangat gelisah.
Saya pun menjadi sama resahnya. Entah mengapa, tiba-tiba saya teringat semua salah dan dosa saya terhadap Ibu. Ribuan kali rasanya rasanya, saya sudah melukai hati Ibu.

Pagi itu, saat saya melihat pucatnya wajah Ibu, hati saya demikian nelangsa. Ibu yang biasanya begitu gagah, tiba-tiba menjelma menjadi sosok yang begitu melemah. Mungkin perjalanan jauh pertama yang membuatnya begitu gelisah, mungkin kerinduannya akan Bapak yang membuatnya makin resah. Entahlah. Saya tidak tahu pasti. Yang saya tahu, Ibu pasti sudah membawa ribuan doa dalam hatinya- bagi kami, anak-anaknya dan cucu-cucunya.

Pagi itu, lagi-lagi saya ditegur Allah atas salah dan dosa saya terhadap Ibu. Kalau saja bukan di bandara, ingin rasanya mencium kakinya. Ini bukan basa-basi, ini keinginan seorang anak yang seringkali meretakan hati Ibu. Saya pun berdoa agar saya diberi banyak waktu di kemudian hari untuk kembali merekatkan hati Ibu yang pernah terluka oleh saya.


Keinginan untuk menjaga Ibu saat menjadi Allah di tanah suci sepertinya belum dapat diwujudkan- dulu ini pernah menjadi impian saya agar bisa menjaga Ibu di saat-saat ibadahnya.
Maka, saya pun tidak lupa menitipkan Ibu pada Sang Maha Pemilik Hidup. Dan pahala tak terhingga juga tercurah bagi almarhum Bapak.
Semoga kesehatan dan kemudahan selalu ada untuk Ibu dan kembali ke rumahdalam keadaan sehat dan mabrurah.

Dari saya, yang mencoba tetap tenang dan tawakal, di saat hati saya demikian resah memikirkan Ibu.

Leave a Reply

