Selingkuh


Ada yang hal yang sangat menarik dari topik ini. Mungkin menarik untuk dibahas, buat sebagian kalangan. Di kalangan lain, selingkuh sungguh teramat menarik untuk dilakukan. Dari hasil jawaban yang berhasil saya jaring di status facebook saya, ada beragam alasan orang berselingkuh: ada yang karena alasan jarak, alasan bosan, sang suami atau istri tidak menarik lagi, pihak lain yang selalu mengejar-ngejar sehingga akhirnya takluk, atau karena suami atau istri yang kelewat galak. Bahkan ada yang melakukannya karena memang sudah sifat dasarnya atau tanpa alasan, terjadi begitu saja, tanpa direncanakan. Menarik ya?

Setelah membaca beberapa blog beberapa orang dan mencari di mesin pencarian Google, saya cukup terkerjut juga karena hit di Google untuk topik ini ternyata cukup besar: ada sekitar 1,430,000 hasil telusur dari google. Wah, terbayang ya, topik ini memang sungguh-sungguh menarik!!!

Sebenarnya, saya tertarik untuk mengangkat hal ini ditinjau dari segi bahasanya. Berawal dari keisengan saya yang mencari arti kata selingkuh di Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan terbitan Pusat Bahasa, Depdiknas(KBBI), saya pun menemukan arti yang membuat saya sendiri agak kaget. Dalam KBBI, selingkuh memiliki makna yang luas, dan kalau dicari padanannya dalam ke bahasa Inggris serta merta yang keluar adalah: affair.

Sedangkan affair, begitu dicari dalam kamus Oxford memiliki empat makna. Tiga diantaranya adalah makna umum yang menyiratkan tentang sebuh hubungan, tanggung jawab, tranksaksi dan kegiatan. Baru di makna keempat, makna affair ini dihubungkan dengan love affair. Di makna keempat inilah, arti selingkuh dalam bahasa Indonesia menemukan padanannya:
a romantic or sexual relationship between two people, esp. one that is outside marriage.
• an intense enthusiasm or liking for something.

Lalu bagaimana dengan makna dalam bahasa Indonesia sendiri? Dalam kamus KBBI, tidak ada arti kata selingkuh yang menyuguhkan makna secara gambalng tentang arti selingkuh yang saat ini kita kenal. Hasil pencarian saya dari KBBI, memberikan sebuah arti, bahwa selingkuh adalah:
se·ling·kuh a 1 suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; tidak berterus terang; tidak jujur; curang; serong; 2 suka menggelapkan uang; korup; 3 suka menyeleweng;
ber·se·ling·kuh v bertindak atau berbuat selingkuh;
per·se·ling·kuh·an v hal berselingkuh;
me·nye·ling·kuh·kan v mengambil dng maksud tidak baik, msl untuk kepentingan diri sendiri; menggelapkan: ia – uang kas perusahaan untuk berjudi;
per·se·ling·kuh·an n perihal berselingkuh: tidak semua diskotik menjadi tempat –

Dari makna pertama, sepertinya selingkuh menjadi sebuah makna yang menyiratkan bahwa apapun yang berkekaitan dengan ketidakjujuran adalah perselingkuhan.
Tetapi, sepertinya selingkuh sendiri sudah mengalami beberapa perubahan makna, yang buat saya, artinya menjadi menyempit: Bahwa selingkuh hanya dikaitkan dengan masalah hubungan pasangan. Bahkan bagi orang tertentu, hal yang bisa dikatakan selingkuh jika pasangan kita pergi berdua dengan orang lain dan melakukan hal-hal sewajarnya orang berhubungan, atau lebih sempit lagi, selingkuh itu bila terjadi hubungan suami-istri, kurang dari itu, bukan selingkuh namanya. Lalu saya pun berpikir, kalau begitu, sampai mana batasan selingkuh ya? Dan siapa yang mempopulerkan arti kata selingkuh menjadi sedemikian sempit?

Dalam pemikiran saya yang sederhana ini, tidak ada makna dari kata selingkuh di atas yang menyiratkan secara khusuh tentang arti selingkuh yang kita kenal saat ini. Kalau merujuk ke KBBI, semua orang yang tidak jujur adalah peselingkuh. Tetapi bisa dibayangkan akan banyak hati yang terluka oleh karena dicap sebagai peselingkuh saat ia hanya membohongi istrinya untuk bertemu teman lama untuk sekedar makan siang dan tidak terjadi apa-apa, tetapi harus berbohong demi menjaga kelanggengan rumah tangga.
atau, otak saya secara cepat menyimpulkan bahwa seorang koruptor adalah tukang selingkuh? Apa gak babak belur saya dihantam oleh anak-anak mereka yang sangat menghormati figur sang ayah yang tidak pernah berzinah dengan wanita lain, tetapi amat gemar memperkaya diri dengan uang negara demi kepentingan pribadi dan keluarganya?
Atau membayangkan kerutan hati yang terluka saat dituduh sebagai peselingkuh hanya karena dia masuk sebagai Pegawai dengan memberikan sejumlah uang? Karena kalau ditinjau secara arti, ini sudah pasti selingkuh- mengambil hak orang lain dan berbuat tidak jujur. Mungkin saja kalau tidak ada uang puluhan juta itu, bukan dia yang diterima di sebuah institusi pemerintah, tetapi orang lain yang lebih cakap? Wallahualam.
Nah lo!
jadi apa sih selingkuh itu?
Kalau sudah begini, selingkuh itu memang benar-benar menarik ya!!!

😉

repost
from two years ago.

Madison, WI, January 2012.

3 responses to “Selingkuh

  1. jangan pernah selingkuh….maksudnya bu dosen ya .? karena apapun artinya tetep aja kurang enak namun pembahasan mengenai selingkuh selalu laris karena biasanya orang kepengen cari hal hal yang menantang…wkakak

  2. Selingkuh oh selingkuh… 1 kata yg lebih menyeramkan daripada kuntilanak…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s