Berpuasa di Negeri Jauh (1)


Pagi ini janjian nonton Bola pertandingan Belanda-Mexico dengan teman yang sedang mengambil SJD (Scientiae Juridicae Doctor, sometimes also referred to as a Doctor of Laws- setara PhD). Dia berasal dari Cina. Saat bertemu, dia ingin menraktir es krim. Karena sedang berpuasa, saya menolaknya dengan halus tanpa menyebut saya sedang berpuasa. Bukan apa-apa saya hanya tidak ingin dia menjadi sungkan untuk makan atau minum di depan saya. Lalu ia menawarkan untuk membeli minum, akhirnya saya pun menjelaskan ttg puasa. Secukupnya. Ia kaget karena saya tidak bisa makan dan minum mulai dari subuh sampai matahari terbenam. Tapi saya tekankan berkali-kali bahwa ia silakan makan dan minum, jangan sungkan demi saya. “I’m fine. Please, don’t mind me.” kata saya. Di saat sedang menonton pun, karena saat makan siang, penonton lain asik makan dan minum. Buat saya, itu makna shaum (puasa) sebenarnya: Saat kita menahan diri untuk tidak minta dihormati saat menjalankan ibadah, tidak memaksa mereka yang berbeda keyakinan untuk mengikuti dan menghormati saya dengan memaksa/meminta mereka tidak makan dan tidak minum di depan saya. Bukankah itu adalah makna puasa sesungguhnya: kita menahan diri…. bukan untuk minta dihormati!#RamadanKesekianJauhDariIbu Selamat Berpuasa, Teman-teman!

Leave a Reply

