Hari Minggu, waktunya Masak Bersama…..


Hari Minggu selalu diusahakan dibuat menyenangkan, karena esok hari adalah Senin🙂, hari penuh perjuangan sampai beberapa hari ke depan hehehe.

Biasanya hari Minggu, Lesky dan saya suka coba-coba menu baru, lalu dimasak bareng-bareng…. Berhubung lagi jauh dari Depok, kampung halaman tercinta, kita jadi sering masak makanan yang susah ditemukan di sini (kecuali pesan kepada beberapa orang Indonesia). Tapi tak jarang kami masak sendiri, makan sendiri, kalau gak enak kan gak ada yang protes hehehehe.

Lesky yang saat di Indonesia jarang banget masuk dapur, sejak merantau saat dia kuliah di Belanda dan sekarang kami hidup di sini, sekarang udah lebih jago dari saya masaknya! (Ya aslinya saya emang ga bisa masak juga sih, hahaha). Kalau saya lagi pengen banget dan kangen banget bakwan atau bakso, L skrg udah lumayan handal meraciknya di dapur… hehehe. Awal-awal buat bakso sih, bulatannya aneh banget bentuknya hahhaa, tapi sekarang bulatannya udah (hampir) sempurna! heheheh. Selain bakwan dan bakso, kami sekarang sudah lumayan bisa  masak bubur ketan item, kacang ijo, bubur sumsum, mie ayam. Yang mudah-mudah aja,  yang sulit-sulit mah, angkat tangan deh, nyerah! hihihi. Soal rasa, gak usah ditanya, yang penting prosesnya kan? ihihihihi, ngeleeesss kayak bajaj :p

Minggu ini, tidak direncanakan sebelumnya, kami berdua masak Salmon  Spinach Pastry. Saya memang lagi tergila-gila dengan menu sehat nih sejak beberapa bulan lalu, jadi salmon dan bayam selalu tersedia di kulkas kami.

Tiba-tiba ide untuk buat pastry ini datang ke saya. Ya, saya memang spontan banget! Idenya datang setelah melihat postingan  cheese Salmon pastry seorang teman di Path. Lalu, saya pun segera google resepnya dan malah menemukan Spinach salmon pastry. Ternyata bahan-bahannya gak banyak dan cara masaknya lumayan mudah buat saya dan L yang sangat rookie dalam hal masak-memasak dan panggang-memanggang. Catat ya: KAMI TIDAK JAGO MASAK, ahhhaa, dengan kata lain, kemampuan masaknya cukup untuk bertahan hidup di perantauan, survival ability gitu, deh!🙂

Saya ajak L buat masak ini, buat makan malam. L langsung mau hehehe. Kami pun bagi tugas. Saya siapkan bayamnya dan salmonnya. L yang buat pastrynya, yang kebetulan tadi malam kami liat bareng di Youtube. Insya Allah sih serba sehat karena bahan-bahannya kami ganti dengan yang lebih sehat. Untuk pastry kami gak pakai butter, tapi cuma terigu dan olive oil. Bayam dan salmon juga sangat mudah dipersiapkan: tumis bayam dengan olive oil dan satu clove bawang putih. Hal yang sama untuk salmonnya. Saat L menyiapkan pastrynya, saya cuci-cuci deh supaya saat selesai dapur gak terlalu kotor. Mulai dari persiapan sampai matang kira-kira satu jam-an deh.

Udara di luar sudah dingin. Sudah minus dalam derajat celcius, jadi paling asik kalau baking memang. Apartment kami pun menjadi hangat dan harum pastry yang hampir matang. Saat nulis ini, kami lagi menunggu lima menit lagi pastrynya matang…..

Hari Minggu kami terlalui lagi. Hangat dalam kebersamaan. Masak bersama, beres-beres bersama. Sederhana saja, karena dalam kesederhanaan kita menemukan bahagia ya?

Tidak penting makanannya enak atau engga, ya? Yang penting bisa sama-samanya, hehehe. Karena biasanya makanan yang kami masak, rasanya enak cuma buat kami doank, kok ehhehehee. Edible lha. Bentuknya ok buat pemula, yang baru sekali masak ini, hahaha. Gak jelek-jelek amat, tapi gak kece juga! ihiehhieihe

Selamat hari Senin buat Teman-teman di Indonesia. Semoga harinya menyenangkan dan selalu berkah.

Madison, awal November 2014, pukul 5 menjelang 6 sore, tetapi sudah gelap di luar karena matahari sudah terbenam sejak tadi….

Oya, yang sedang baca ini dan belum punya #1826 dan #PerempuanPelangi, cari di toko buku terdekat di kota Anda ya!🙂

20141109_16391420141109_17034520141109_165806

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s