Going Korean: Making Some Bulgogi.


Haloooooooo,

Annnyyyooonngggggg……

Madison sudah dua hari ini lebih hangat, dan hujan. Hangat untuk ukuran Madison ya, sekitar 5 derajat celcius (biasanya -10 sampai -20C soalnya hehehe).

Mau berbagi cerita di hari Minggu ini lagi ah. Seperti biasa, hari Minggu kami biasanya suka masak bareng, coba-coba menu baru. Kali ini, kami masak Korean Bulgogi! Mashitaaaaaaaaa🙂

Jumat lalu saat ke Midway Asian market saya ketemu beef ribs (Biasanya kalo ribs di sini, adalah pork ribs). Saya langsung beli. Belum tahu mau masak apa. Akhirnya Jumat malam diputuskan untuk memasak Korean Bulgogi! Kebetulan kami suka mencoba makanan berbagai negara, salah satunya makanan Korea. Saya pertama kali saya coba Korean bbq di Hawaii bersama teman di Hale Kuahine, lalu setelah di Madison, saya beberapa kali ke dua resto Korea di kota ini dan beberapa kali ke Chicago demi makan Korean bbq. Saya langsung cari resep yang dikirimkan oleh Sue, teman baik saya, seorang Korean American yang beberapa kali mengundang saya ke apartmentnya untuk menikmati sajian ala Korea: Bulgogi, Seafood pancake, Kimchi dan salad dengan Korean dressing. Sue dengan senang hati berbagi resepnya.

Setelah saya baca, ternyata tidak begitu sulit untuk membuatnya. Beberapa bahan ada di dapur, sisanya saya harus cari di Traders Joe’s (TJ’s).

Hari Sabtu pagi pun datang. Setelah kembali dari TJ’s, kami pun mulai memasak. Resep asli  bulgogi memakai gula, namun saya menggantinya dengan palm sugar.

Siap untuk menikmati Bulgogi kami? Hhehehe…. Hana, dul, set…..

The marinade: Soy sauce, palm sugar, water, onion, green onion, garlic, sesame oil and sesame seeds.

The marinade: Soy sauce, palm sugar, water, onion, green onion, garlic, sesame oil and sesame seeds.

Setelah selesai membuat bumbu untuk marinade, satu per satu beef ribs saya masukan ke dalam marinade untuk didiamkan selama 24 jam agar bumbunya meresap…..

Ready for marinating this for about 24 hours!

Ready for marinating this for about 24 hours!

After a 24-hour marinate!

After a 24-hour marinate!

Let's grill this!

Let’s grill this!

Ready to savour! Yay!

Ready to savour! Yay!

Leave a Reply

